10 Kampus Terluas di Indonesia, Ada yang Luasnya Nyaris 3x Lipat Kawasan GBK

Tak Berkategori

Losergeek.org.CO, Jakarta – Sejumlah kampus di Indonesia memiliki fasilitas hingga luas yang berbeda. Universitas dengan banyak fakultas tertentu tentunya memerlukan lahan yang luas. Apalagi, jika kampus tersebut ingin membuka porgram studi baru.

Sejumlah kampus di Indonesia memiliki luas hingga ratusan hektare. Universitas Sriwijaya misalnya, memiliki luas mencapai 700 hektare. Kampus tersebut mendapat label sebagai kampus terjual di Indonesia. Lantas, apa saja kampus lain yang masuk dalam daftar terluas? Simak daftarnya di bawah ini.

Daftar Kampus Terluas di Indonesia

1.    Universitas Sriwijaya (Unsri)

Dilansir dari situs Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, kampus yang terletak di Bukit Besar, Kota Palembang itu berdiri di atas lahan seluas 712 hektare. Tak mengherankan apabila Unsri dijuluki kampus terluas di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. Selain kampus utama, terdapat kampus cabang di Indralaya yang direncanakan membutuhkan lahan sekitar 760 hektare. Luas kampus tersebut nyaris 3 kali lipat luas kawasan Gelora Bung Karno yang memiliki luas 279,1 hektare.

2.    Universitas Andalas (Unand)

Universitas Andalas merupakan sebuah perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat. Kampus Unand Limau Manis memiliki luas area sekitar 500 hektare dan berada pada ketinggian kurang lebih 200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Salah satu kampus tertua itu diresmikan pada 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden RI pertama, Mohammad Hatta. 

3.    Universitas Palangka Raya (UPR)

Universitas Palangka Raya termasuk salah satu kampus terluas di Indonesia. Mengacu pada Jurnal Teknik Sipil karya Devina dkk (2023), perguruan tinggi negeri (PTN) pertama di Provinsi Kalimantan Tengah itu mencakup lahan 367 hektar. Dari luas area tersebut, universitas yang terdiri dari delapan fakultas itu membangun lebih dari 200 gedung. 

4.    Universitas Riau (Unri)

Berdasarkan publikasi Rencana Strategis Bisnis Universitas Riau 2016-2020, kampus Unri mempunyai luas 345,6 hektare. Kampus utama yang diberi nama Kampus Bina Madya itu telah beroperasi sejak 1983. Lokasinya sekitar 12,5 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru. Tak hanya kampus utama, Unri juga memiliki kampus cabang dengan luas area 383,4 hektare. 

5.    Universitas Indonesia (UI)

Salah satu kampus favorit lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat di Tanah Air itu berada di dua wilayah, yaitu Salemba, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat dan Depok, Jawa Barat. Namun, mayoritas fakultas berlokasi di Depok dengan luas area mencapai 320 hektare. Dari total wilayah, hanya sekitar 25 persen lahan yang digunakan sebagai sarana akademik, kemahasiswaan, dan riset di Universitas Indonesia, sedangkan sisanya menjadi area hijau. 

Iklan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *