Deretan Pahlawan Nasional yang Muncul Di Uang Kertas Baru

Tak Berkategori

Losergeek.org.CO, Jakarta – Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan setiap 17 Agustus tak luput dari perjuangan para pahlawan. Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berkorban untuk negara ini, sejumlah nama pahlawan yang digunakan untuk nama jalan atau tempat. Bahkan wajah beberapa pahlawan menghiasi uang Indonesia. Berikut deretan pahlawan nasional Indonesia yang wajahnya menghiasi uang kertas baru 2022:

1. Cut Nyak Meutia dalam pecahan uang Rp 1.000

Wajah pahlawan wanita asal Aceh ini turut menghiasi uang kertas Rp 1.000 dengan warna dominan hijau dan ukuran 121 milimeter x 65 sentimeter. Cut Nyak Meutia merupakan pahlawan perempuan yang berjuang melawan penjajahan Belanda. 

2. Mohammad Hoesni Tamrin dalam pecahan uang Rp 2.000

Mohammad Hoesni Tamrin menghiasi tampilan uang Rp 2.000 dengan warna uang kertas keabu – abuan. Melansir dari budaya.jogjaprov.go.id, Mohammad Hoesni Thamrin merupakan pahlawan asal Betawi. Beliau banyak berjuang demi Indonesia. Seperti membentuk Dewan Volksraad, memprakarsai berdirinya Fraksi Nasional, dan turut membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menjelang kemerdekaan Indonesia.

3. Dr. K.H. Idham Chalid dalam pecahan uang Rp 5.000

Dr. K.H. Idham Chalid merupakan ulama dan politisi yang banyak berperan semasa orde lama dan orde baru. Beliau juga sempat menduduki jabatan sebagai ketua umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU). Gambar Dr. K.H. Idham Chalid muncul dalam pecahan Rp 5.000. 

4. Frans Kaisiepo dalam pecahan uang Rp 10.000

Frans Kaisiepo merupakan pahlawan yang wajahnya dijadikan gambar dalam uang Rp 10.000. Frans Kaisiepo merupakan tokoh nasionalis Indonesia sekaligus politikus yang pernah menjabat Gubernur Papua. Frans Kaisiepo menjadi simbol perjuangan rakyat Papua. Dilansir dari djpb.kemenkeu.go.id, perjuangan Frans sangatlah besar di antaranya pada 31 Agustus 1945, ketika Papua masih diduduki Belanda. Frans termasuk salah satu orang menegakkan eksistensi Republik Indonesia dan orang pertama yang mengibarkan Bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di Papua.

5. Dr. G.S.S.J. Ratulangi dalam pecahan uang Rp 20.000

Pecahan uang kertas Rp 20.000 dihiasi dengan wajah Sam Ratulangi. Sam Ratulangi merupakan seorang pahlawan nasional dan gubernur pertama Sulawesi. Sam Ratulangi adalah intelektual yang pernah menjadi seorang guru, ia juga seorang jurnalis di beberapa surat kabar.

6. Ir. H. Djuanda Kertawidjaja dalam pecahan uang Rp 50.000

Ir. H. Djuanda Kertawidjaja juga turut menghiasi uang kertas Indonesia yakni Rp 50.000. Beliau sempat menjabat sebagai Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Tak hanya itu, Djuanda juga ditunjuk sebagai Perdana Menteri Indonesia ke 10 menggantikan Ali Sastromiadjojo.

7. Ir. Sukarno dan Drs. Mohammad Hatta dalam pecahan uang Rp 100.000

Kedua tokoh ini masuk dalam pecahan uang Rp 100.000. Keduanya adalah tokoh yang berjasa sebagai proklamator sekaligus Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pertama.

Pilihan Editor: Kisah Abdulrachman Saleh, Pahlawan Nasional Multitalenta yang Gugur saat Membawa Obat-obatan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *