Jokowi Tawarkan 34 Ribu Hektare Lahan IKN ke Pengusaha Real Estate: Gak Ada Gratisan!

Tak Berkategori

Rabu, 9 Agustus 2023 – 14:18 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur merupakan proyek terbesar yang ada di dunia saat ini. Ia meyakini IKN Nusantara bakal menjadi sentra ekonomi baru. 

Baca Juga :

Jokowi Beberkan Alasan Pemerintah Jor-joran Genjot Kinerja Sektor Properti

“Di dunia sekarang ini proyek terbesar yang ada itu hanya satu di Indonesia yang namanya Ibu Kota Negara Nusantara,” kata Jokowi saat menghadiri Musyawarah Nasional Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) 2023 di Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023. 

Jokowi menegaskan pemerintah berani membuka sentra-sentra ekonomi baru dengan membangun IKN di Pulau Kalimantan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas menawarkan puluhan ribu hektare lahan kepada para pengusaha pengembang properti untuk berinvestasi di IKN. 

Baca Juga :

Minta REI Bantu Rakyat Kecil Punya Hunian Layak, Begini Pesan Jokowi

“Per 27 Juli yang lalu, 34 ribu hektare lahan sudah bisa dibeli. Gak ada gratisan di sana. Harganya berapa? Tanya ke pak Kepala Otorita IKN. Ini peluang, ini peluang,” ujarnya

Baca Juga :

Jalan Tol dan Arteri Primer di IKN Nusantara Bisa Jadi Runway Pesawat

Jokowi mengaku senang dengan perkembangan properti di Indonesia. Menurutnya, di tengah perlambatan ekonomi global, sektor properti, real estate, dan konstruksi menjadi sektor yang tangguh.

Menurutnya, sektor ini juga dinilai cukup tahan banting dan kompetitif. Sebab, kontribusi sektor properti di 2018-2022, setiap tahunnya mencapai Rp 2.300-2 800 triliun.

Halaman Selanjutnya

“Sangat besar sekali. Ini memberikan kontribusi dari 16% dari PDB ekonomi kita, besar sekali. Tenaga kerja yang tersangkut dalam perputaran ekonomi di REI mencapai 13-19 juta orang. Sangat banyak sekali,” ungkap Jokowi.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *